Selasa, 15 Mei 2012

NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory)

NVRAM adalah singkatan dari Non-Volatile Random Access Memory . NVRAM adalah jenis Random Access Memory (RAM) yang menyimpan informasi ketika daya dimatikan. NVRAM adalah 24 kecil pin DIP (Dual Inline Package) chip sirkuit terpadu dan dengan demikian dapat memperoleh daya yang dibutuhkan untuk tetap berjalan dari baterai CMOS terpasang pada motherboard Anda. Ini melacak berbagai parameter sistem seperti nomor seri, Ethernet MAC (Media Access Control ) alamat, HostID, tanggal pembuatan, dll NVRAM karena itu merupakan jenis memori non-volatile yang menawarkan akses acak.

Jenis NVRAM

Salah satu jenis NVRAM adalah SRAM yang dibuat non-volatile dengan menghubungkannya ke sumber daya konstan seperti baterai. Karena SRAM membutuhkan catu daya terus-menerus untuk mempertahankan data, sebuah NVRAM yang dibuat dari SRAM sebuah perlu menggunakan catu daya yang tersedia untuk memastikan itu terus bekerja.
Tipe lain dari NVRAM menggunakan EEPROM (elektrik dihapus Programmable Read-Only Memory) chip sirkuit untuk menyimpan informasi ketika daya dimatikan. Dalam hal ini, NVRAM terdiri dari kombinasi dari SRAM dan chip EEPROM dimasukkan ke dalam mati semi-konduktor tunggal.
NVRAM NVRAM (Non Volatile Random Access Memory)

Manfaat NVRAM

  • Chip NVRAM bekerja seperti RAM statis
  • NVRAMs memberikan kinerja yang unggul dibandingkan produk-produk NVM lain
  • NVRAM yang melayani aplikasi yang membutuhkan kecepatan tinggi membaca / menulis operasi dengan non-volatile kenangan seperti pengendali pemrosesan paralel untuk LAN dan pengereman anti penguncian sistem.
  • Chip NVRAM tidak memerlukan banyak kekuasaan dan backup dapat dijamin sampai sepuluh tahun.

Bad NVRAM

Ketika NVRAM gagal, umumnya berarti bahwa hardware komputer Anda tidak mempertahankan pengaturan khusus yang diperlukan yang seharusnya meskipun default pengaturan BIOS tetap. Karena BIOS bergantung pada setting yang disimpan dalam NVRAM untuk menangani perangkat keras tertentu yang Anda miliki, kinerja mungkin kurang dalam stabilitas. Isi chip NVRAM dapat menjadi rusak karena berbagai alasan:
  • Kegagalan dari baterai tertanam. Jika baterai tertanam dalam chip NVRAM gagal, maka ini berarti bahwa jam sistem anda akan berjalan dan sistem informasi konfigurasi penting tidak dapat dipertahankan.
  • Kegagalan dari chip (BIOS) CMOS pada motherboard Anda. Jika chip CMOS akan buruk atau tidak membuat kontak yang baik dengan kontak motherboard, maka NVRAM akan gagal.

Bila Anda mendapatkan pesan error tentang NVRAM Anda:

  • Anda mungkin perlu membeli baterai CMOS baru di toko komputer Anda untuk mengganti salah satu Anda saat ini. Dianjurkan untuk memiliki teknisi mengamati baterai pertama dan menentukan apakah Anda benar-benar membutuhkan yang baru.
  • Jika chip BIOS adalah masalah, maka Anda akan perlu menghubungi produsen perangkat keras yang dapat memberikan chip pengganti tergantung pada garansi. Jika tidak, maka Anda akan harus mengganti motherboard Anda.
  • Anda juga bisa mencoba untuk memprogram ulang chip NVRAM dengan hostid dan alamat Ethernet. Anda hanya harus berusaha untuk melakukan hal ini jika Anda tahu persis apa yang Anda lakukan, jika tidak Anda harus mencari bimbingan teknisi.

Tidak ada komentar: